Jepang Serius Garap Pasar Halal Indonesia



Salah satu bank asal Jepang, Sumitomo Mitsui Banking Corp (SMBC), berencana akan bekerja sama dengan universitas di Indonesia untuk memandu perusahaan Jepang melalui proses sertifikasi produk halal, atau sesuai dengan hukum Islam.

Unit Sumitomo Mitsui Financial Group melihat kerjasama ini sebagai cara mereka membantu pinjaman kepada perusahaan-perusahaan Jepang demi tetap mempertahankan konsumen muslim di Indonesia. Indonesia sendiri akan membuat pelabelan wajib halal pada 2019.

SMBC sendiri telah mensurvei 200-250 klien perusahaan dalam industri makanan dan kosmetik asal Jepang. Hal ini merujuk pada data perusahaan-perusahaan yang tertarik mengajukan sertifikasi halal.

Untuk mengadakan program ini, SMBC telah bermitra dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). Pihak IPB akan menjelaskan proses sertifikasi dan memberikan saran terkait persiapan teknis pada proses produksi dan hal-hal yang diperlukan untuk pengujian sertifikasi halal. Pada tahun ini, SMBC mengharapkan 70 perusahaan ikut dalam program ini.
Share on Google Plus

About Zona Halal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini IT GUNADARMA

    ReplyDelete