Ekspor Produk Halal Malaysia Capai 150 Triliun


Produk halal asal Malaysia tetap laku di pasaran negara-negara tujuan ekspor meskipun terjadi penurunan ekonomi dan jatuhnya harga komoditas dunia. Angka penjualannya bahkan mencapai 150 Triliun. Hal ini diungkapkan oleh Halal Industry Development Corp (HDC), sebuah badan yang mengurusi industri halal di Malaysia.

Chief Executive Officer HDC, Datuk Seri Jamil Bidin mengatakan sektor halal Malaysia mencatat kinerja yang sangat baik tahun lalu, dengan angka kenaikan perdagangan sekitar 30 persen dari tahun sebelumnya. Kenaikan ini didominasi oleh indsutri makanan dan minuman (F & B).

"Ini adalah salah satu sektor yang menurut saya krisis gratis. Saya percaya ketika ada krisis, orang cenderung makan lebih banyak," katanya dalam konferensi pers usai mendampingi Wakil Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia, Datuk Ahmad Maslan, di sela-sela kunjungan peresmian pabrik Ramly Food Processing Sdn Bhd, Rabu (13/01/2016).

Tercatat sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2015, nilai ekspor produk halal meningkat menjadi 90 trilliun dari sebelumnya sebesar 84 triliun pada periode yang sama 2014. Angka perdagangan tersebut tercatat berasal dari beberapa negara tujuan ekspor seperti China, Singapura, Amerika Serikat, Indonesia, dan Belanda menjadi lima pasar. (HalalFocus/Zona-Halal.com)
Share on Google Plus

About Zona Halal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: