Sertifikasi Halal Perluas Pemasaran Produk Daerah



Undang-Undang Jaminan Produk Halal (JPH) yang akan diterapkan membuat daerah-daerah menyiapkan sertifikasi halal. Disperindag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membantu pelaku industri kecil menengah (IKM) mendapatkan sertifikat halal dalam upaya memperluas pemasaran produk makanan dan minuman khas daerah itu.

"Pada tahun ini, sekitar 30 unit IKM sektor makanan dan minuman akan difasilitasi memperoleh sertifikat halal," kata Kepala Disperindag Kepulauan Babel Yuriswan di Pangkalpinang, Selasa (5/5) dilansir Antara.

Bantuan sertifikat halal dapat memperluas pemasaran produk dan meningkatkan daya saing produk di pasar nasional dan internasional."Saat ini, sekitar 90 persen produk makanan khas daerah ini, seperti kemplang, kricu, kripik, terasi dan lainnya masih dipasarkan secara lokal, sehingga perkembangan IKM ini berjalan lambat," ujarnya.

Ia mengatakan bantuan sertifikat halal produk ini akan diprioritas kepada pelaku IKM yang tergabung dalam kelompok, karena lebih terkoordinir dan memiliki administrasi usaha yang lebih baik. Label halal dari MUI ini, nantinya akan ditempel pada bungkus makanan, sebagai informasi kepada konsumen bahwa makanan tersebut halal dikonsumsi.

Tidak hanya itu, kata dia, pihaknya juga akan membantu label atau merek produk makanan dan minuman khas daerah ini."Kami hanya membantu pelaku IKM mendesain label produk, sehingga produk makanan tersebut lebih menarik dan memancing minat konsumen membeli produk makanan itu," ujarnya.

Share on Google Plus

About Zona Halal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment