Hotel dan Resto di Pontianak Segera Berlabel Halal




Pengelola hotel, restoran atau rumah makan di Pontianak akan mendapat kemudahan memperoleh Sertifikat Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Pemkot Pontianak akan memfasilitasi sertifikasi halal bagi pengusaha di kota itu.

"Mungkin untuk memperoleh sertifikat halal sulit didapatkan, sehingga kami mencoba memfasilitasinya, agar apa yg menjadi keharusan ini dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan UU No. 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal," kata Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Pontianak Utin Srilena Candramidi di Pontianak, Selasa (5/5) seperti dikutip Antara.

Utin menjelaskan salah satu upaya tersebut, pihaknya melakukan sosialisasi perluasan penerapan sertifikasi halal untuk memberikan jaminan mutu/keamanan. Dengan begitu, dia berharap adanya peningkatan citra perusahaan terhadap sekitar 20 perwakilan hotel, restoran dan rumah makan yang ada di Kota Pontianak.

"Pengusaha hotel, restoran dan rumah makan, bahkan produk kosmetik yang ada di Kota Pontianak wajib menampilkan sertifikat halal, mengacu pada UU No. 8/1999 Perlindungan Konsumen, dan UU tentang Jaminan Produk Halal," ujarnya.

Sehingga, menurut Utin, semua usaha hotel, restoran dan rumah makan perlu didukung dengan sertifikat halal, PIRT (pangan industri rumah tangga) dan BBPOM."Memang untuk memperoleh sertifikat halal tidak mudah, karena ada syarat-syarat dan aturan yang harus dipatuhi dalam menerbitkan sertifikat halal termasuk makanan dan minuman itu harus dites oleh Dinas Kesehatan Pontianak, BBPOM Pontianak dan MUI Kalimantan Barat," kata Utin.
Share on Google Plus

About Zona Halal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment