4 Ribu Triliun Makanan Dibuang Sia-Sia


Sementara jutaan orang menderita kelaparan, di tempat lain jutaan ton makanan justru dibuang ke tong sampah. Ironisnya, keadaan ini berlangsung berpuluh tahun di berbagai negara di dunia.

Dikutip dari laman Halafocus.net, dilaporkan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) bahwa sekitar 4 ribu triliun makanan, atau sepertiga dari semua makanan yang diproduksi di dunia terbuang sia-sia. Padahal, jumlah tersebut dapat memberikan makan 870 juta orang kelaparan di dunia.

Masalah yang lebih buruk diperkirakan akan meningkat seiring dengan berkembangnya populasi dunia. Laporan organisasi anti-limbah di Inggris mengatakan pada tahun 2030, ketika kelas menengah dunia meningkat, sisa makanan konsumen akan mencapai 600 miliar per tahunnya, kecuali ada tindakan yang diambil untuk mengurangi limbah.

Kebanyakan orang memang tidak menyadari berapa banyak makanan yang mereka buang setiap harinya. Mereka juga tidak benar-benar peduli bahwa mengurangi limbah makanan sekitar 20 persen hingga 50 persen secara global dapat menghemat 1.200 triliun hingga 3.000 triliun per tahun pada tahun 2030.

Peternakan di seluruh dunia sendiri sebenarnya telah menghasilkan makanan yang cukup untuk memberi makan hampir 12 miliar orang. Dan Itu hampir dua kali lipat tingkat penduduk dunia saat ini. Tapi ironisnya, justru  lebih dari satu miliar orang menderita kelaparan akut.

Jadi, bukan soal terlalu sedikit makanan di dunia. Ada makanan yang cukup untuk berputar tapi begitu banyak yang dibuang sia-sia. (redaksi zona-halal.com)
Share on Google Plus

About Zona Halal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment