Vaksin Flu Berbahan Babi Ancam Muslim Inggris



Program pencegahan flu lewat vaksin sempat menjadi kontroversi di Inggris akhir tahun lalu. Tepatnya di Lancashire, pemerintah setempat memperkenalkan nasal spray untuk melindungi anak dari flu. Spray ini mengandung porcine gelatine. Zat turunan yang berasal dari babi.

Dalam Islam, mengonsumsi babi tergolong haram.Spray tersebut juga menuai kritik saat dipraktikkan di Leicester dan Skotlandia. Di Glasgow, penerapan imunisasi tersebut ditunda karena adanya protes dari kelompok Muslim.

Vaksin flu tersebut dikembangkan pada 2013. Tujuannya, untuk melindungi anak usia dua,tiga hingga empat tahun. Di beberapa kota di Inggris, semua siswa berusia tujuh hingga delapan tahun akan diimunisasi dengan vaksin tersebut sebagai program percontohan. Jika program tersebut berakhir, anak usia 2 hingga 16 tahun akan mendapatkan nasal spray setiap tahun.

Zaheer Mahmud, orang tua pelajar dari Blackburn mengaku akan mengabaikan imbauan untuk imunisasi tersebut. "Saya tidak akan setuju. Saya tidak melihat adanya kebutuhan untuk itu. Dari apa yang dikatakan imam dan pendapat saya secara personal, saya tidak melihatnya,"ujarnya kepada BBC.

Kelompok Muslim mengingatkan kepada umat Islam di Inggris untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap munculnya spray tersebut. Warga Muslim juga diminta meminta informasi terlebih dahulu apa yang terkandung di dalam spray.
Share on Google Plus

About Zona Halal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment