Riset: Bubuk Putih di Dunkin Donat Bisa Sebabkan Kanker



Titanium dioksida mendadak populer tiga hari belakangan. Bahan kimia ini ditemukan pada bubuk putih di panganan populer asal Amerika Serikat Dunkin Donuts.

Sebenarnya, seberapa berbahaya titanium dioksida? Zat kimia dengan kode TiO2 tersebut telah diklasifikasi oleh Badan Internasional untuk Penelitian tentang Kanker (IARC) sebagai unsur penyebab kanker.

Dikutip dari Canadian Centre for Occupational Health and Safety (CCOHS), bahan pemutih tersebut mengandung 70 persen dari total produksi volume pigmen yang ada di muka bumi. Bukan cuma untuk gula di Dunkin Donuts, titanium dioksida digunakan juga untuk cat, plastik, kertas, tinta, makanan dan pasta gigi. Zat tersebut pun digunakan sebagai produk perawatan kulit dan tabir surya.

IARC mengungkapkan, unsur penyebab kanker yang dimunculkan titanium dioksida berdasarkan bukti spesifik. Bukti tersebut menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi dari level pigmen pada bubuk dan debu pada titanium dioksida menyebabkan kanker saluran pernapasan pada tikus secara berangsur-angsur di laboratorium.

Dikutip dari bisakimia.com, laporan serupa muncul dalam jurnal ACS Chemical Research in Toxicology. Francesco Turci dan rekan-rekannya menjelaskan bahwa titanium oksida ada TiO­2 umumnya dianggap sebagai bahan yang aman bagi kulit yang tersedia secara komersial karena tidak dapat menembus kulit. Hanya, penelitian menunjukkan bahwa TiO2 dapat menumbulkan efek yang berbahaya bila terkena sinar ultraviolet.
Share on Google Plus

About Zona Halal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment