Miris, Iklan Produk Halal Umbar Gerakan Erotis




Banyak tayangan iklan di televisi yang lebih banyak mengumbar aurat ketimbang menginformasikan kelebihan produknya. Tak terkecuali produk yang telah mengantongi sertifikat halal.

Rustinawati tak kuasa menahan jengkel ketika menyaksikan iklan produk mie instan di televisi. “Apa relevansinya produk mie instan dengan perempuan bercelana cekak yang bergoyang erotis?,” tulisnya dalam sebuah surat yang dilayangkan ke LPPOM MUI, beberapa waktu lalu seperti dilansir dari halalmui.

Rustinawati ternyata tidak sendiri. Di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) protes senada juga datang dari warga masyarakat lainnya. “Banyak warga masyarakat melakukan komplain dan melapor MUI. Ada produsen produk mie instan terkenal yang telah mendapat sertifikat halal MUI, namun melakukan promosi penjualannya dengan iklan yang seronok,” kata Ketua Komisi Fatwa MUI, Prof. Dr. H. Hasanuddin AF.

Dalam laporan mereka disebutkan, tayangan televisi dalam iklan produk mie tersebut menampilkan wanita yang berpakaian mini dan ketat, sangat sensual, menonjolkan aurat yang dilarang agama dengan goyang tari-tarian yang sangat erotis.

Yang ironis lagi, tayangan yang seronok itu menampilkan latar-belakang logo halal MUI. Dengan begitu, terdapat kesan, seolah-olah produk mie yang telah memperoleh legalitas sertifikat halal beserta iklan promosinya telah mendapat izin dari MUI.

Menanggapi komplain tersebut, Hasanuddin AF, MA., menegaskan bahwa produk yang telah bersertifikat halal, dalam iklannya pun harus mengikuti kaidah-kaidah moral keagamaan. Ia mengakui bahwa kewenangan Komisi Fatwa MUI hanya sebatas menetapkan fatwa halal, sedangkan iklan dan promosi produk merupakan kewenangan lembaga lain.

Namun, sebagai rasa turut bertanggung jawab dalam mengawal moral keagamaan umat, MUI menghimbau dan mengingatkan kepada pihak perusahaan serta pihak televisi yang menyiarkan tayangan iklan itu, agar memperhatikan norma-norma sosial dan keagamaan.

Apalagi, MUI bersama Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI telah mencanangkan “Halal is My Life”. Yakni bahwa ketentuan halal itu bukan hanya pada aspek material produk saja, dengan proses sertifkasi halal. Tetapi juga mencakup jalan kehidupan secara keseluruhan. Demikian guru besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini menambahkan penjelasannya.
Share on Google Plus

About Zona Halal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment