Mengenal Gelatin


Gelatin adalah protein yang diperoleh dari jaringan kolagen hewan yang terdapat pada kulit, tulang, dan jaringan ikat. Di pasaran, gelatin umumnya diproduksi dari kulit dan tulang babi atau sapi.

Dikutip dari Jurnal Tekno Pangan dan Industri IPB, zat ini digunakan pada industri makanan, farmasi, obat-obatan dan industri lainnya. Di bidang pangan, biasa digunakan untuk hasil olah susu, es krim, dan produk daging. Gelatin juga digunakan dalam produk kosmetik, tablet, kapsul, perekat, pelapis kertas dan pembuatan film untuk fotografi.

Gelatin digunakan pada produk pangan karena kemampuannya sebagai penstabil dan pengemulsi produk-produk pangan. Artinya, gelatin dapat membuat atau mencampur minyak dan air hingga merata.

Sebagai penstabil, gelatin akan membuat bahan campuran tersebut stabil atau tidak pecah selama penyimpanan. Hingga saat ini, gelatin yang masuk di Indonesia mayoritas masih merupakan bahan impor. Padahal, separuh gelatin berasal dari bahan babi. (red/zona-halal).
Share on Google Plus

About Zona Halal

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment